Rabu, 23 Juli 2014

Genitu, Kenitu, Sawo Hijau

    Entah aku katrok, ketinggalan jaman atau bagaimana, entahlah.. Aku baru menemukan buah yang enak, dan ini pertama kalinya aku makan. Yups buah itu adalah kenitu atau genitu. 


   
     Kenitu ini memiliki berbagai julukan diantaranya sawo hijau untuk daerah Jawa, sawo hejo daerah Sunda, Sawo Kadu daerah banten sedangkan nama kenitu atau kecau berasal dari daerah Jatim.
     Buah ini termasuk buah musiman , biasanya menjelang dan sesudah bulan puasa atau bulan ramadan. Daerah yang biasa banyak menjual adalah Probolinggo, Lumajang, Jember.
       Buah kenitu ini berwarna hijau kulitnya, sedangkan daging buahnya berwarna putih dengan biji berwarna hitam. Rasanya cukup manis dan terasa kenyal. Biasanya buah ini dijual perikat dengan harga yang berkisar antara 6000 hingga 10.000.
      Buah kenitu memiliki berbagai macam manfaat karena buah kenitu memiliki vit C, vit E, beta karoten, serta mengandung antioksidan yang tinggi.
     Selain buahnya, daunnya pun memiliki khasiat untuk menyembuhkan daibetes dan rematik. Pohonnya selain menjadi peneduh juga dapat digunakan sebagai tanaman hias. Kayunya juga bagus untuk bahan bangunan.

Selamat Membaca...
Semoga Bermanfaat...
Terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar